SISTEM INFORMASI STOCKIST TIENS BERBASIS WEB STUDI KASUS : TIENS 73 CILACAP

Evelina Arta Sari S, Katon Wijana, Jong Jek Siang

Abstract


Multi Level Marketing merupakan bisnis yang sangat besar. Banyak sekali kegiatan bisnis atau transaksi di dalamnya. Oleh karena banyaknya jenis transaksi didalamnya, maka dibutuhkan sistem informasi untuk membantu berjalannya transaksi bisnis. Multi level marketing tiens yang menjadi studi kasus ini juga memiliki target-target penjualan tiap bulannya yang harus dipenuhi oleh pelanggan atau distributor. Oleh karena itu tidak hanya penjual atau stokist yang memerlukan sistem informasi, tetapi juga konsumen atau distributor untuk melihat targetnya. Penelitian ini mencoba untuk membuat beberapa layanan transaksi yang biasa terjadi di multi level marketing dengan studi kasus “Stokist Tiens 73 Cilacap”.

Dalam penelitian ini, dibuat program untuk Stokist Tiens 73 Cilacap. Distributor dapat melakukan transaksi pemesanan produk dan seminar. Output program yang dapat dilihat distributor didalam sistem adalah target point yang harus didapatnya dan juga laporan mengenai pemesanan yang telah distributor lakukan. Admindapat memasukkan beberapa input-an seperti produk, berita, seminar, distributor baru, maupun admin lainnya, yang kemudian inputan itu dapat dikembangakan menjadi beberapa transaksi yang dapat menghasilkan laporan-laporan seperti laporan stok, laporan pemesanan, peminjaman dan juga seminar.

Hasil penelitian berupa sistim informasi yang mampu mengatasi banyaknya jenis-jenis transaksi yang sering terjadi dalam usaha multi level marketing. Dengan cara dibangunnya layanan untuk pemesanan produk, penjualan, peminjaman, pengembalian, pengantaran ataupun pengambilan pesanan, pengikut sertaan anggota distributor ataupun bukan dalam seminar dan juga penambahan stok gudang admin ke dalam sistem. Sistem juga dilengkapi dengan fasilitas penghitungan point dan bonus langsung. Sehingga dapat membantu distributor untuk mendapatkan keuntungan lain selain menggunakan produk yang dibelinya, apabila distributor dapat menutup target pointnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.