IMPLEMENTASI AZURE MEDIA SERVICES UNTUK VIDEO STREAMING

Yovena Chintya Pujiantoro, Katon Wijana

Abstract


Video merupakan salah satu bentuk media informasi yang efektif untuk menyebarkan dan menyampaikan informasi. Video dapat merekam gambaran nyata dari suatu peristiwa atau sumber pengetahuan, karena dalam sebuah video, informasi yang bisa disampaikan melibatkan media audio dan visual yang mudah untuk dipahami oleh penerimanya.

Web Streaming merupakan salah satu meida yang efektif untuk dapat menyampaikan informasi berupa video sehingga informasi dapat disebar luaskan dengan mudah. Azure Storage dan Azure Media Service merupakan teknologi yang memungkinkan suatu video untuk dapat disimpan dan dikelola sehingga dapat kembali kepada penerima informasi dalam bentuk stream.

Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan Azure Storage dan Azure Media Services pada sebuah sistem informasi web streaming. Penelitian dilakukan dengan menganalisis penerapan Azure Storage dalam penyimpanan data pada sistem informasi dan Azure Media Service sebagai servis untuk mengambil kembali konten video tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.